MATA
PELAJARAN: BIOLOGI
Level Kognitif
|
Cakupan Materi
|
|||
Keanekaragaman Hayati dan Ekologi
|
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
|
Biomolekuler
dan Bioteknologi
|
Genetika
dan Evolusi
|
|
Pemahaman dan
Pengetahuan
- Menyebutkan
- Menentukan
-
Menjelaskan
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
- Ciri-ciri makhluk
hidup dan perannya dalam kehidupan (1)
ciri-ciri penyakit
- Keanekaragaman tingkat
gen, spesies, ekosistem (2)
|
Peserta didik dapat memahami dan
menguasai:
- Struktur dan fungsi
jaringan pada tumbuhan tinggi (10) misal jar. dewasa
- Struktur dan fungsi
jaringan pada manusia dan hewan vertebrata (11) misal
jar. epitel
- Sistem organ dan
fungsinya
(12) misal
ginjal
- Gangguan/penyakit
pada system organ manusia (13)
|
Peserta didik memahami
dan menguasai:
- Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18) mis. Fungsi organel sel
- Susunan
dan fungsi RNA, DNA dan kromosom (19)
- Metabolisme
Sel (20) katabolisme,
anabolisme
- Prinsip
Bioteknologi (21)
mis.
Proses pembuatan insulin
|
Peserta didik mampu
memahami dan menguasai:
- Hukum-hukum Mendel (32)
- Mutasi gen
dn kromosom (33)
- Teori evolusi
Biologi (34)
|
2 PG (No. Soal: 1, 2,)
|
4 PG
(No. Soal: 10,11,12,13)
|
4 PG (No. Soal:
18,19,20, 21)
|
3 PG (No. Soal: 32, 33, 34,)
|
|
Aplikasi
- Mengklasifikasikan
- Menentukan
- Mengurutkan
- Meramalkan
- Menghitung
- Mengemukakan
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- Pemecahan masalah
biologi dengan kerja ilmiah (3)
variabel
- Dasar-dasar
pengelompokan Mahluk hidup (4)
- Daur
hidup mahluk hidup (invertebrate dan umbuhan tingkat rendah ) (5) misal
Fasciola hepatica
- Aliran energi dan daur
materi pada ekosistem (6)
Daur
N dan C
- Dampak
perubahan lingkungan dan tindak perbaikannya.(7)
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- Mekanisme
kerja sistem organ tubuh manusia (14) misal gerak
antagonis
- Pengaruh
gangguan/ serangan penyakit pad mekanisme kerja organ 15) mis. Diabetes melitus
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Transfor melalui membran (22) difusi,
osmosis
-
Sifat enzim dan kinerjanya (23)
-
Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat,
lemak dan protein ) (24)
-
Reproduksi sel (25) mitosis, meiosis
-
Sintesa protein (26)
-
Dampak bioteknologi (27)
|
Peserta
didik dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- Persilangan menurut Hukum Mendel
(35)
- Penyimpangan semu hukum Mendel (36)
- Hereditas pada manusia (37)
mis.
Buta warna
- Petunjuk/bukti-bukti evolusi
(38)
|
5 PG (No. Soal: 3,
4,5, 6, 7)
|
2 PG (No. Soal: 14,
15)
|
6 PG (No. Soal: 22,23, 24, 25,26,27)
|
4 PG (No. Soal: 35,36,37,38)
|
|
Penalaran
- Menyimpulkan
- Menganalisis
- Merumuskan
- Menemukan
- Menginterpretasikan
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Pengelompokan
mahluk hidup dari hasil pengamatan (8)
- Tindakan
perbaikan dan pelestarian lingkungan (9)
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Data
hasil uji laboratorium klinis (16)
- Percobaan
factor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (17)
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar dalam:
- Perobaan Transpor membran
28
- Percobaan kinerja Enzim
29
- Mekanisme
katabolisme dan anabolisme 30
- Mekanisme
bioteknologi 31
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta
silsilah
(39) mis
silsilsh hemofilia
- Mekanisme
evolusi (40) mis. biogenesis
|
2 PG (No. Soal: 8,9)
|
2 PG (No. Soal: 16,17)
|
4 PG (No. Soal: 28,29, 30, 31)
|
2 PG (39,40)
|
|
Jumlah Soal
|
9
|
8
|
14
|
9
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar