Selasa, 13 Februari 2018

SEBARAN MATERI KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

MATA PELAJARAN: BIOLOGI
Level Kognitif
Cakupan  Materi
Keanekaragaman  Hayati dan Ekologi
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Biomolekuler dan Bioteknologi
Genetika dan  Evolusi
Pemahaman dan Pengetahuan
-     Menyebutkan
-     Menentukan
-     Menjelaskan


Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan (1)
ciri-ciri penyakit
-     Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem (2)


Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-     Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi (10) misal jar. dewasa
-     Struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata (11) misal jar. epitel
-     Sistem organ dan fungsinya (12) misal ginjal
-     Gangguan/penyakit pada system organ manusia (13)
Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18) mis. Fungsi organel sel
-     Susunan dan fungsi RNA, DNA dan kromosom (19)
-     Metabolisme Sel (20) katabolisme, anabolisme
-     Prinsip Bioteknologi (21) mis. Proses pembuatan insulin
                                  
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Hukum-hukum Mendel (32)
-     Mutasi gen dn kromosom (33)
-     Teori evolusi Biologi (34)

                                                              
2 PG  (No. Soal: 1, 2,)
4 PG
(No. Soal: 10,11,12,13)
4 PG (No. Soal: 18,19,20, 21)
3 PG (No. Soal: 32, 33, 34,)
Aplikasi
-     Mengklasifikasikan
-     Menentukan
-     Mengurutkan
-     Meramalkan
-     Menghitung
-     Mengemukakan






Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah  (3)
variabel
-     Dasar-dasar pengelompokan Mahluk hidup (4)
-     Daur hidup mahluk hidup (invertebrate dan umbuhan tingkat rendah ) (5) misal Fasciola hepatica
-     Aliran energi dan daur materi pada ekosistem (6)
Daur N dan C
-     Dampak perubahan lingkungan dan tindak perbaikannya.(7)

Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Mekanisme kerja sistem organ tubuh manusia  (14) misal gerak antagonis
-     Pengaruh gangguan/ serangan penyakit pad mekanisme kerja organ  15) mis. Diabetes melitus






Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Transfor melalui membran (22) difusi, osmosis
-          Sifat enzim dan kinerjanya (23)
-          Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat, lemak dan protein ) (24)
-          Reproduksi sel (25) mitosis, meiosis
-          Sintesa protein (26)
-          Dampak bioteknologi (27)


Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Persilangan menurut Hukum Mendel (35)
-     Penyimpangan semu hukum Mendel (36)
-     Hereditas pada manusia (37) mis. Buta warna
-     Petunjuk/bukti-bukti evolusi (38)

5 PG (No. Soal: 3, 4,5, 6, 7)
2 PG  (No. Soal: 14, 15)

6 PG (No. Soal:  22,23, 24, 25,26,27)
4 PG  (No. Soal: 35,36,37,38)
Penalaran

-     Menyimpulkan
-     Menganalisis
-     Merumuskan
-     Menemukan
-     Menginterpretasikan


Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Pengelompokan mahluk hidup dari hasil pengamatan (8)
-     Tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan (9)





Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Data hasil uji laboratorium klinis (16)
-     Percobaan factor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (17)

Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Perobaan Transpor membran 28
-     Percobaan kinerja Enzim 29
-     Mekanisme katabolisme dan anabolisme 30
-     Mekanisme bioteknologi 31






Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah (39) mis silsilsh hemofilia
-     Mekanisme evolusi (40) mis. biogenesis





2 PG (No. Soal: 8,9)
2 PG (No. Soal: 16,17)

4 PG  (No. Soal: 28,29, 30, 31)
2 PG (39,40)
Jumlah Soal
9
8
14
9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar