MATA
PELAJARAN: BIOLOGI
| 
    
Level Kognitif 
 | 
   
    
Cakupan  Materi 
 | 
  |||
| 
    
Keanekaragaman  Hayati dan Ekologi 
 | 
   
    
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup 
 | 
   
    
Biomolekuler
   dan Bioteknologi 
 | 
   
    
Genetika
   dan  Evolusi 
 | 
  |
| 
   
Pemahaman dan
  Pengetahuan 
-     Menyebutkan 
-     Menentukan 
-    
  Menjelaskan 
 | 
  
   
Peserta didik mampu memahami dan menguasai: 
-     Ciri-ciri makhluk
  hidup dan perannya dalam kehidupan (1) 
ciri-ciri penyakit 
-     Keanekaragaman tingkat
  gen, spesies, ekosistem (2) 
 | 
  
   
Peserta didik dapat memahami dan
  menguasai: 
-     Struktur dan fungsi
  jaringan pada tumbuhan tinggi (10) misal jar. dewasa 
-     Struktur dan fungsi
  jaringan pada manusia dan hewan vertebrata (11) misal
  jar. epitel 
-     Sistem organ dan
  fungsinya
  (12) misal
  ginjal 
-     Gangguan/penyakit
  pada system organ manusia (13) 
 | 
  
   
Peserta didik memahami
  dan menguasai: 
-     Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18) mis. Fungsi organel sel 
-     Susunan
  dan fungsi RNA, DNA dan kromosom (19) 
-     Metabolisme
  Sel (20) katabolisme,
  anabolisme 
-     Prinsip
  Bioteknologi (21)
  mis.
  Proses pembuatan insulin 
 | 
  
   
Peserta didik mampu
  memahami dan menguasai: 
-     Hukum-hukum Mendel (32) 
-     Mutasi gen
  dn kromosom (33) 
-     Teori evolusi
  Biologi (34) 
 | 
 
| 
   
2 PG  (No. Soal: 1, 2,) 
 | 
  
   
4 PG 
(No. Soal: 10,11,12,13) 
 | 
  
   
4 PG (No. Soal:
  18,19,20, 21) 
 | 
  
   
3 PG (No. Soal: 32, 33, 34,) 
 | 
 |
| 
   
Aplikasi 
-     Mengklasifikasikan 
-     Menentukan
   
-     Mengurutkan
   
-     Meramalkan
   
-     Menghitung
   
-     Mengemukakan
   
 | 
  
   
Peserta didik mampu
  mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 
-     Pemecahan masalah
  biologi dengan kerja ilmiah  (3)  
variabel 
-     Dasar-dasar
  pengelompokan Mahluk hidup (4) 
-     Daur
  hidup mahluk hidup (invertebrate dan umbuhan tingkat rendah ) (5) misal
  Fasciola hepatica 
-     Aliran energi dan daur
  materi pada ekosistem (6) 
Daur
  N dan C 
-     Dampak
  perubahan lingkungan dan tindak perbaikannya.(7) 
 | 
  
   
Peserta didik dapat
  mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 
-     Mekanisme
  kerja sistem organ tubuh manusia  (14) misal gerak
  antagonis 
-     Pengaruh
  gangguan/ serangan penyakit pad mekanisme kerja organ  15) mis. Diabetes melitus 
 | 
  
   
Peserta didik dapat
  mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 
-         
  Transfor melalui membran (22) difusi,
  osmosis 
-         
  Sifat enzim dan kinerjanya (23) 
-         
  Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat,
  lemak dan protein ) (24) 
-         
  Reproduksi sel (25) mitosis, meiosis 
-         
  Sintesa protein (26) 
-         
  Dampak bioteknologi (27) 
 | 
  
   
Peserta
  didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 
-     Persilangan menurut Hukum Mendel
  (35) 
-     Penyimpangan semu hukum Mendel (36) 
-     Hereditas pada manusia (37)
  mis.
  Buta warna 
-     Petunjuk/bukti-bukti evolusi
  (38) 
 | 
 
| 
   
5 PG (No. Soal: 3,
  4,5, 6, 7) 
 | 
  
   
2 PG  (No. Soal: 14,
  15)  
 | 
  
   
6 PG (No. Soal:  22,23, 24, 25,26,27) 
 | 
  
   
4 PG  (No. Soal: 35,36,37,38) 
 | 
 |
| 
   
Penalaran  
-     Menyimpulkan 
-     Menganalisis 
-     Merumuskan 
-     Menemukan 
-     Menginterpretasikan
   
 | 
  
   
Peserta didik mampu
  menggunakan nalar dalam: 
-     Pengelompokan
  mahluk hidup dari hasil pengamatan (8) 
-     Tindakan
  perbaikan dan pelestarian lingkungan (9) 
 | 
  
   
Peserta didik mampu
  menggunakan nalar dalam: 
-     Data
  hasil uji laboratorium klinis (16) 
-     Percobaan
  factor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (17) 
 | 
  
   
Peserta didik dapat menggunakan
  nalar dalam: 
-     Perobaan Transpor membran
  28 
-     Percobaan kinerja Enzim
  29 
-     Mekanisme
  katabolisme dan anabolisme 30 
-     Mekanisme
  bioteknologi 31 
 | 
  
   
Peserta didik mampu
  menggunakan nalar dalam:  
-     Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta
  silsilah
  (39) mis
  silsilsh hemofilia 
-     Mekanisme
  evolusi (40) mis. biogenesis 
 | 
 
| 
   
2 PG (No. Soal: 8,9) 
 | 
  
   
2 PG (No. Soal: 16,17) 
 | 
  
   
4 PG  (No. Soal: 28,29, 30, 31) 
 | 
  
   
2 PG (39,40) 
 | 
 |
| 
   
Jumlah Soal 
 | 
  
   
9 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
14 
 | 
  
   
9 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar