Minggu, 04 Februari 2018

KISI-KISI UN (BUAT ATAU CARI SOALNYA YA ...)



No.
Indikator pencapaian UN
Materi
Perkiraan INDIKATOR SOAL
No
Contoh Soal
1.        
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan (1)

Virus
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh virus
Disajikan gambar Virus siswa dapat menjelaskan  bagian yang ditunjuk




Bakteri
Disajikan gambar bakteri siswa dapat menjelaskan  bagian yang ditunjuk
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri
Sswa dapat menjelaskan peranan bakteri



2.        
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:

Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem (2)

Tingkat Keanekaragaman
Siswa dapat menentukan tingkat keanekara-gaman berdasarkan data/gambar  yang ditampilkan


3.        
Peserta didik mampu meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah  (3)

Kerja Ilmiah
Disajikan data tentang penelitian, siswa dapat merumuskan masalah

Disajikan data tentang langkah kerja ilmiah, siswa dapat merunutkan langkah kerja ilmiah dengan benar


1.       
Peserta didik mampu meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Dasar-dasar pengelompokan Mahluk hidup(4)

-       Klasifikasi tumbuhan
-       Klasifikasi Vertebrata
Disajikan data/gambar  berbagai jenis MH , siswa dapat menjelaskan dasar pengelompokannya

Siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri hewan kelompok tertentu


4
4.         
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Daur hidup mahluk hidup (invertebrate dan tumbuhan tingkat rendah ) (5)


Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan invertebrate dan atau tumbuhan siswa dapat mengidentifikasi tahapan dalam daur hidup tersebut


5.         
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Aliran energi dan daur materi pada ekosistem (6)


Disajikan diagram, atau gambar sikus unsur siswa dapat : - menjelaskan proses yang terjadi berdasarkan gambar  (N dan C)
Menjelaskan peran organisme dalam daur tersebut


6.         
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Dampak perubahan lingkungan dan tindak perbaikannya.(7)


Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat mengidentifikasi tentang  jenis perubahan/factor  yang mempengaruhi perubahan lingkungan

        Pernyataan berikut merupakan gejala perubahan lingkungan karena faktor manusia:
(1)   Daya dukung hutan jadi berkurang
(2)   Terjadinya erosi tanah dan banjir di musim hujan
(3)   Lapisan humus terkikis, tanah menjadi subur
(4)   Menyebabkan pencemaran lingkungan
(5)   Berkurangnya lahan produktif
Perubahan lingkungan yang terjadi karena penebangan hutan adalah  … .
A.     (1) dan (2)
B.     (1) dan (5)
C.     (2) dan (4)
D.     (3) dan (4)
E.      (3) dan (5)

7.         
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Pengelompokan mahluk hidup dari hasil pengamatan (8)



Ciri-ciri Protista

Disajikan gambar  Protista, siswa dapat :
-          menjelaskan alas an pengelompokkannya
-          menjelaskan peranan Protista :
-          menyerupai tumbuhan
-          menyerupai hewan

8


 Klasifikasi Jamur
Disajikan gambar  jamur , siswa dapat :
-          menjelaskan dasar pengelompokannya
-          peranan jamur




Klasifikasi Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae)
Disajikan beberapa gambar/ciri  tumbuhan siswa dapat :
- menyimpulkan  dasar pengelompok tumbuhannya




7.        
.
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan (9)

Studi kasus tentang lingkungan




Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat menganalisis kasus yang ditampilkan

7



8.        
 Peserta didik dapat memahami dan mengusai:
-     Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi (10)

Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan
Disajikan gambar organ tumbuhan, siswa dapat mejelaskan fungsi dari jaringan yang ditunjuk


9.        
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-     Struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata (11)

Hubungan antara jenis jaringan, dan fungsinya
Disajikan beberapa gambar jaringan, siswa dapat menentukan hubungan antara gambar, macam dan fungsi jaringan


10.    
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-     Sistem organ dan fungsinya (12)

System:
-       Gerak
-       Pencernaan
-       Peredaran darah
Disajikan gambar tentang organ pada manusia, siswa dapat menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya



11.    
Peserta didik dapat mema-hami dan menguasai:
-       Gangguan/penyakit pada system organ manusia (13)

System :
-        pencernaan
-        pernafasan

Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa dapat  menentukan jenis penyakitnya


12.    
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
- mekanisme kerja sistem organ tubuh manusia (14)
System:
-        pencernaan
-        ekskresi
-        peredaran darah


Disajikan gambar organ tubuh bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat menentukan proses yg terjadi



13.    
Pengaruh gangguan/ serangan penyakit pada mekanisme kerja organ (15)
System :
-          Ekskresi
-          Pernafasan 
Disajikan ciri atau gejala suatu penyakit siswa dapat menentukan gangguan pada organnya


14.    
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Data hasil uji laboratorium klinis (16)

System :
-          Ekskresi
-        Peredaran darah



15.    
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
-     Percobaan factor eksternal pertumbuhan tumbuhan  dan pekembangan (17)

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuha pada tanaman



16.    
Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18)

                                  
Struktur dan fungsi Organel Sel
Struktur Membran sel
Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan proses yang  terjadi pada  organel-nya





8.         
Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Susunan dan fungsi RNA, DNA dan kromosom (19)


strukturDNA/RNA
Siswa dapat :
-          Menentukan rantai nukleotida
-          Menyeebutkan perbedaan antara DNA dan RNA


9.         
Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Metabolisme Sel (20)





10.     
Peserta didik memahami dan me
-     Prinsip Bioteknologi (21)






11.     
Peserta didik dapat meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Transfor melalui membran (22)
Struktur Membran



Disajikan gambar tentang proses transport antar membrane,siswa dapat menjelaskan proses tersebut









12.     
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Sifat enzim dan kinerjanya (23)

-          Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat, lemak dan protein ) (24)
-      

Disajikan gambar atau diagram , siswa dapat mengidentifikasi cara kerja enzim



Disajikan diagram
Siswa dapat menyebutkan bahan dan atau hasil dari proses yang ditunjukkan




13.     
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Reproduksi sel  (25)


Disajikan gamabr, siswa dapat menentukn fase pembelahannya


14.     
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-          Sintesa protein (26)


Siswa dapat menjelaskan 1 tahap dalam sintesa protein berdasarkan gambar/


15.     
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Dampak bioteknologi (27)
-      

Siswa dapat menjelaskan


16.     
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Perobaan Transpor membrane (28)
-         

Disajikan gambar hasil percobaan osmosa/difusi, siswa dapat menarik kesimpulan dari peristiwa yang ditampilkan


20.   
  Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Percobaan kinerja Enzim 29

-     Mekanisme katabolisme dan anabolisme 30






                                


Mekanisme kerja enzim (diagram)


Glikolisis, Daur krebs, Trasfer elekton


Reaksi fotosintesis
Katabolisme

Perangkat percobaan Fotosintesis, fermentasi
Disajikan data percobaan kinerja enzim, siswa dapat menarik kesimpulan


Disajika gambar/diagram siswa dapat menginterpretasikan gambar yang disediakan

Disajikan perangkat percobaan fotosintesis siswa dapat menarik kesimpulannya
Disajikan percobaan fermentasi, siswa dapat menarik kesmipulan hasil percobaannya



















21.   
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Mekanisme bioteknologi 31


Disajikan gambar mutasi , siswa dapat menentukan jensi mutasinya

Disajikan karakteristik kelainan manusia karena mutasi, siswa dapat mengidentifikasi kelainannya


28.    
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Hukum-hukum Mendel (32)

membuat gamet yang berpautan


,
Disajikan kasus, siswa dapat menyelesaikan persilangannya





32




35
29.    
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Mutasi gen dn kromosom (33)




Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis mutasinya

Disajikan ciri2 kalianan karena mutasi/aberasi siswa dapat menentukan jenis sindromnya


30.    
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Teori evolusi Biologi (34)


     Siswa dapat menjelaskan perbedaan 2 teori evolusi


31.    
Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Persilangan menurut hukum Mendel (35)

Menghitung hasil persilangan , monohybrid, dihibrid
Disajikan kasus, siswa dapat menyelesaikan persilangannya


32.    
Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Penyimpangan semu hukum Mendel (36)

Disajikan data pesilangan penyimpangan semu hokum mendel, siswa dapat manghitungkemunkinan hasil persilangan

36
33.    
 Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Hereditas pada manusia (37)

Buta warna, Hemofilia




Disajikan data perkawinan penyakit menurun terpaut kromosom seks x, siswa dapat menentukan prosentase hasil keturunannya




32.    
Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Petunjuk/bukti-bukti evolusi (38)


Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bukti-bukti evolusi


33.    
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah (39)





Disajikan peta silsilah, siswa dapat menentukan genotip dari individu yang ditentukan


34.    

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Mekanisme evolusi (40)


Hukum Hardy Weinberg

Siswa dapat menghitung frekuensi gen dan genotif menggunakan hukum hardy Weinberg







Tidak ada komentar:

Posting Komentar