Minggu, 16 November 2014

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BIOLOGI KOTA BOGOR 2015



1.     SKL : Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan  biologi melalui metode ilmiah.
-                    Objek dan permasalahan biologi - CABANG-CABANG BIOLOGI (no. soal 1)

2.     SKL: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
-         Peranan Eubacteria - PERAN VIRUS (no. soal 2)

-         Peran jamur dan ciri-ciri protista - CIRI-CIRI KELOMPOK JAMUR (no. soal 3)

-         Pengelompkkan tumbuhan dan hewan (no. soal 4)

-         Pelestarian sumber daya alam - UPAYA PELESTARIAN(no. soal 5)

-         CIRI-CIRI TUMBUHAN (no. soal 6)

-         Hewan Invertebrata - SIKLUS HIDUP CACING (no. soal 7)

-         Hewan Vertebrata - CIRI-CIRI (no. soal 8)


3.     Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
-         Hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem (no. soal 9)

-         Daur Carbon (no. soal 10)

4.     Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
-         Keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (no. soal 11)

-         Sel  (no. soal 12)

-         Organel sel pada hewan dan tumbuhan (no. soal 13)

5.     Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
-         Jaringan pada tumbuhan dan hewan (no. soal 14)

-         Gerak otot dan sendi (no. soal 15)

-         Sistem peredaran darah pada manusia (no. soal 16)

-         Sistem pencernaan makanan pada manusia (no. soal 17)

-         Gangguan sistem pernapasan (no. soal 18)

-         Sistem ekskresi pada manusia (no. soal 19)

-         Gerak refleks (no. soal 20)

-         Alat reproduksi manusia (no. soal 21)

-         Macam kekebalan tubuh (no. soal 22)

6.     Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan.
-         Percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (no. soal 23)

7.     Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis.
-         Cara kerja enzim(no. soal 24)

-         Katabolisme karbohidrat (no. soal 25)

-         Respirasi aerob (no. soal 26)

-         Proses anabolisme (fotosintesis) (no. soal 27)

-         Respirasi anaerob (no. soal 28)

8.     Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsipprinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
-         Susunan nukleotida DNA dan RNA (no. soal 29)

-         Proses sintesis protein (no. soal 30)

-         Tahap-tahap pembelahan mitosis (no. soal 31)

-         Hukum Mendel (no. soal 32)

-         Penyimpangan semu hukum Mendel (no. soal 33)

-         Pewarisan cacat/penyakit pada manusia (no. soal 34)

9.     Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
-         Mutasi (no. soal 35)

-         Teori asal-usul kehidupan (no. soal 36)

-         Evolusi (no. soal 37)

10.            Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi  
-         Prinsip dasar Bioteknologi (no. soal 38)

-         Aplikasi bioteknologi (no. soal 39)

-         Dampak aplikasi bioteknologi (no. soal 40)

KISI-KISI ULANGAN HARIAN BAB SISTEM SIRKULASI DARAH

1. Mekanisme pembekuan darah
2. Penentuan golongan darah
3. Mekanisme peredaran darah
4. Sistem peredaran limfa/getah bening
5. Kelainan sistem peredaran darah

Untuk siswa kelas XI MIPA-1 ulangan hari Rabu, 19 November 2014. Kelas XI MIPA-2 hari Kamis, 20 November 2014.

Selasa, 01 Juli 2014

selamat berpuasa

buat sahabat semua
selamat berpuasa di bulan ramadhan ini
semoga menjadi berkah dan bertambah ketaqwaan
karena menjadi keharusan manusia itu taat pada zat yang memberi hidup
yang tahu betul untuk apa kita dihadirkan di bumi
jika kita berani meninggalkan ketaatan maka telah muncul kesombongan pada diri kita
dan kesombongan itu akan menyusahkan kita
apa sich yang bisa disombongkan pada diri manusia
manusia itu banyak banget keterbatasannya
tubuhnya  mudah sakit
jangkauan akalnya terbatas
semakin hari bertambah tua
bisanya berkeluh kesah dan mudah stress
jadi buang jauh kesombongan
agar hidup menjadi bermakna di dunia yang fana
dan hidup menjadi indah di akhirat yang kekal
wassalamualaikum....

Minggu, 22 Juni 2014

NASEHAT MENYAMBUT RAMADHAN

(Oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Abdirrahman Baz rahimahullâh[1])
بِسْمِ ٱللهِ وَالْحَمْدُلِلَّهِ وَصَلَّى ٱللهُ عَلَى رَسُوْلِ ٱللهِ
وَعَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ ، أَمَّا بَعْدُ
Berkenaan dengan kehadiran bulan Ramadhân, saya menasehatkan kepada saudara-saudaraku kaum Muslimin dimanapun berada agar senantiasa bertakwa kepada Allâh Ta’âla, berlomba-lomba melakukan kebaikan, saling memberi nasehat dan sabar dalam menasehati, saling menolong dalam melakukan kebaikan, menjauhi semua perbuatan maksiat yang diharamkan oleh Allâh Ta’âla dimanapun dan kapanpun jua, terutama pada bulan Ramadhân. Karena bulan Ramadhân adalah bulan yang teramat mulia. Amalan-amalan shaleh di bulan ini dilipat-gandakan balasannya dan orang yang berpuasa dan melakukan qiyâmul lail (tarawih) dengan didasari iman dan mengharapkan pahala, dosa-dosanya akan dihapus oleh Allâh Ta’âla.
Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Barangsiapa berpuasa pada Ramadhân karena iman dan mengharap pahala,
maka dia diampuni dosanya yang telah lewat
.
[2]
Juga sabda Beliau Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam :
إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَا نَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ
وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
Apabila bulan Ramadhân telah tiba, pintu-pintu surga dibuka,
pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dirantai
.[3]
Juga sabda Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam, yang artinya,
“Puasa itu adalah perisai.
Saat salah diantara kalian sedang berpuasa,
janganlah ia berbuat keji dan jangan menyalakan api permusuhan.
Jika dia dihina atau diperangi oleh orang lain,
hendaknya dia mengatakan, ‘Aku sedang berpuasa.
‘”
[4]
Dan sabda Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam, yang artinya,
Allâh Ta’âla berfirman:  ‘Semua amalan manusia untuknya.
Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kalinya, kecuali puasa.
Puasa itu untuk-Ku dan saya akan membalasnya.
Dia meninggalkan tuntutan syahwatnya, tidak makan dan dia tidak minum demi Aku.
Orang yang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan,
kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya.
Sungguh disisi Allâh, aroma mulut orang yang sedang berpuasa itu
lebih wangi daripada aroma kasturi.”
[5]
Saya juga mewasiatkan kepada saudara-saudaraku kaum Muslimin agar tetap istiqâmah pada siang ataupun malam Ramadhân, berlomba-lomba melakukan kebaikan. Diantara perbuatan baik itu adalah membanyak membaca al-Qur’ân sambil mentadabburi dan memahaminya, memperbanyak tasbîh, tahmîd, tahlîl, takbîr, istighfâr, berdoa kepada Allâh Ta’âla agar dimasukan ke surga dan diselamatkan dari siksa neraka dan berbagai do’a kebaikan lainnya.
Tak lupa, saya juga mewasiatkan kepada saudara-saudaraku kaum Muslimin agar memperbanyak shadaqah, membantu orang-orang fakir, miskin, menunaikan zakat dan menyerahkannya kepada yang berhak menerimanya, memperhatikan dakwah, mengajari orang yang tidak tahu, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran dengan cara yang lembut, penuh hikmah dan dengan metode-metode yang bagus bukan yang buruk, istiqâmah diatas al-haq dan senantiasa bertaubat kepada Allâh Ta’âla.
Allâh Ta’âla berfirman, yang artinya,
“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allâh,
Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

(Qs an-Nûr/24:31)
Juga firman Allâh Ta’âla, yang artinya,
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Rabb Kami adalah Allâh”,
kemudian mereka tetap istiqamah,
maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.
Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya;
sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.

(Qs al-Ahqâf/46:13-14)
Semoga Allâh Ta’âla senantiasa memberikan taufik kepada kita semua untuk melakukan segala yang diridhai-Nya dan semoga Allâh Ta’âla melindungi kita semua dari segala fitnah yang menyesatkan serta jebakan setan.
Sesungguhnya Allâh Maha Pemurah lagi Maha Mulia.

[1] Diterjemahkan dari Majmu’ Fatâwâ wa Maqâlât Mutanawwi’ah, 15/48-50
[2] HR Bukhâri, no. 2014 dan Muslim, no. 760
[3] HR Bukhâri, no. 1899 dan Muslim, no. 1079
[4] HR Bukhâri, no. 1904
[5] HR Bukhâri dan Musli
(Majalah As-Sunnah Edisi Khusus (04-05) Tahun XIV)

Rabu, 04 Juni 2014

PERSIAPAN UKK BIOLOGI KELAS XI 2014

Soal-soal ini untuk persiapan UKK Biologi kelas XI Senin, 9 Juni 2014. Selamat mengerjakan. Jika ada kesulitan, bisa ditanyakan ke Ibu langsung, lewat sms, atau lewat coment di blog ini.

1. Sistem pencernaan 
Sebutkan zat makanan yang prosesnya cepat dalam pembakaran/pencernaan; zat makanan yang tidak melewati pencernaan; penyakit pada lambung; bahan-bahan kimia untuk uji makanan; bagian-bagian lambung dan hasilnya pada proses pencernaan; hasil dari pencernaan lemak; lambung ruminansia yang peranannya sama dengan lambung hewan lain!

2. Sistem pernapasan
Sebutkan urutan orga pernapasan; faktor-faktor yang berpengaruh pada laju pernapasan; jenis-jenis volume pernapasan; fungsi oksigen; gangguan radang bronkus; alat pernapasan ikan dan serangga; proses inspirasi; faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan!

3. Sistem ekskresi
Sebutkan proses ekskresi yang terjadi pada paru-paru; faktor-faktor yang mempengaruhi pengikatan oksigen pada hemoglobin; bagian-bagian ginjal dan fungsinya; faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah urin; organ-organ ekskresi; organ ekskresi kulit melalui gambar; gangguan yang menyebabkan terdapat glukosa dan protein pada urin!

4. Sistem koordinasi
Sebutkan pengertian dari sistemkoordinasi; proses jalannya ransang pada sel saraf; bagian-bagian sel saraf melalui gambar; proses gerak refleks; proses perjalanan impuls melalui gambar. 

5. Sistem reproduksi
Sebutkan bagian-bagian alat reproduksi wanita dan fungsinya; hormon untuk pemetangan sel telur dalam folikel; proses spermatogenesis dan oogenesis; saluran sperma dari testis; efek ovulasi terhadap hormon; hoermon-hormon yang membantu kelahiran; cara kontrasepsi pada pria!

6. Sistem pertahan tubuh
Sebutkan jenis-jenis imunisasi; kemampuan tubuh melawan benda asing; respun/reaksi imunisasi!

PERSIAPAN UKK BIOLOGI KELAS X 2014

Soal-soal ini untuk persiapan UKK Biologi kelas X Senin, 9 Juni 2014. Selamat mengerjakan. Jika ada kesulitan, bisa ditanyakan ke Ibu langsung, lewat sms, atau lewat coment di blog ini.

1. Bab Keanekaragaman hayati
- Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?
- Berikan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada tumbuhan dan hewan!
- Mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi?
- Jika pada 2 species memiliki nama depan yang sama, maka disebut apa kesamaan dan perbedaan tesebut?
- Berikan contoh model pelestarian in situ!

2. Bab Tumbuhan
- Pada daur hidup lumut, perubahan apa yang terjadi setelah spora?
- Sebutkan jenis lumut yang dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis!
- Kelompok tumbuhan apa yng memiliki ciri adanya strobilus?

3. Filum Porifera
- Sebutkan alat pencernaan makanan pada porifera, dan fungsinya!
- Sebutkan kelas porifera penghasil spons!

4. Filum Cnidaria 
- Sebutkan kelas Cnidaria penghasil kerangka luar atau batu karang!
- Dimana letak sel penyengat pada Cnidaria?
- Jelas kan daur hidup Obelia 

5. Filum Platyhelminthes, Nematelminthes, dan Annelida
- Bagamana bentuk reproduksi aseksual pada planaria?
- Jelaskan daur hidup Fasciola hepatica!
- Sebutkan cacing penyebab penyakit kaki gajah!
- Berikan contoh cacing yang termasuk kelas Tubellaria!
- Termasuk kelas apakah cacing palolo?
- Filum cacing apakah yang memiliki ciri tubuh bersegmen?

6. Mollusca
- Termasuk kelas apakah Mollusca yang memiliki alat gerak di kepala?

7. Ecinodermata
- Sebutkan kelas Echinodermata yang masih melekat di dasar laut?

8. Chordata
- Mengapa ikan paus termasuk jenis mammalia?
- Sebutkan kelas Chordata yang memiliki 2 habitat!
- Sebutkan kelas pisces yang termasuk ikan tulang rawan!

9. Bab Ekosistem dan Aliran energi
- Jelaskan pengertian ekosistem!
- Dalam tingkatan organisasi kehidupan, termasuk tingkatan apakah koloni lebah madu?
- Termasuk jenis hewan apakah yang dimanfaatkan untuk membasmi hama?
- Sebutkan jenis mahluk hidup dalam ekosistem penghasil nitrogen di dalam tanah!
- Apa yang terjadi dalam ekosistem jika produsen punah?
- Apa yang terjadi jika konsumen tingkat 3 punah?
- Posisi siapakah yang memiliki jumlah individu terbanyak pada piramida makanan? 
- Apa penyebab terjadinya efek rumah kaca?
- Sampah apa yang sangat sulit terurai?
- Berikan contoh mahluk hidup dalam urutan perpindahan energi!

10. Berikan contoh hewan pada setiap filum dan kelas animalia!